Jumat, 29 April 2011

HATI2 DGN CIUMAN BIBIR.....!

Pernah dengar Mononucleosis Infeksiosa?
Itu adalah sejenis penyakit yang 90% diakibatkan oleh satu jenis virus yang dikenal dengan EBV (Ebstein Barr Virus). EBV ini masih 'sedulur'nya virus herpes.

Jadi, virus ini sering menyebar melalui ludah sehingga biasa jg disebut dgn 'KISSING DISEASE'. Wajarlah, kalo di Amerika sekitar 95% orang dewasa usia antara 35-40 tahun ditemukan antibodi dari virus ini. Karena tau sendirikan kenapa...? Menurut penelitian UGM 99% org Indonesia sdh memiliki antigen EBV dalam darahnya. Akan tetapi virus ini mulai didapati pada usia 5-25 tahun. Cewek ato cowok sama aja kemungkinan terkenanya.

Ternyata sodara-sodara, di Amrik sana sktr 1-3% mahasiswa terinfeksi virus ini tiap tahunnya. Ya, itu karena kebiasaan mereka [color]ciuman bibir[/color][b]. Oya, virus ini juga bisa menyebar melalui darah dan cairan genital ( kelamin). Massa inkubasinya 4-6 minggu. Artinya dari kontak hingga menimbulkan gejala memakan wkt 4-6 minggu.

[/color]GEJALANYA :
1-3 hari kedepan awalnya penderita merasa lemas, cepat capek, gk bersemangat, kdg ada menggigil. tapi ingat, SERANGAN YG LBH DAHSYAT MENANTI. Setelah fase itu Penderita mulai merasakan
- DEMAM
- SAKIT MENELAN
- PEMBENGKAKAN KEL. DI GETAH BENING ( LIMFE )
- AMANDEL BENGKAK
- YG TERPARAH, PEMBENGKAKAN HATI (LEVER)

Kadang sekilas gejala awal kayak cacar air.

Sakit menelan ini bisa bertahan hingga 10 hari, dan setelah itu biasanya keluhan mulai berkurang. Perasaan lelah ato capek bisa bertahan hingga beberapa bulan. Sebagai bonusnya, pasien akan tetap memiliki virus ini di ludahnya selama 18 bulan. Jika keluhan bertahan selama 6 bulan, maka disebut infeksi EBV kronis.

Biasanya sih infeksi ini jarang menjadi berat, tapi kalo berat, bisa menimbulkan Hepatitis, pembesaran limpa, infeksi ke otot jantung ( Myocarditis ) ato malah ke otak ( Enchephalitis ).

Beberapa penyakit keganasan juga dihubungkan dengan kehadiran virus ini seperti Kanker Kelenjar Getah Bening (Lymphoma) dan Kanker tenggorokan (NasoPharynx Carcinoma ato NPC).

Karena ini virus pengobatannya hanya Istirahat total dan banyak minum. Selain itu jg bisa diberikan obat2 penurun panas, pereda sakit.
Ah... NIKMAT MEMBAWA SENGSARA, ndan........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar